Mengembangkan Aplikasi Desktop Dengan PHP

(Terakhir diedit : March 2, 2019)

Selama ini PHP dikenal sebagai bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi website. Tetapi perkembangan teknologi web akhir-akhir ini memungkinkan kita untuk mengembangkan aplikasi desktop menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Beberapa alasan anda harus mencoba :

  1. Jika anda hanya menguasai bahasa pemrograman PHP, anda tidak perlu belajar bahasa pemrograman baru seperti Java, C#, Python, dll.
  2. Tanpa perlu membayar biaya hosting jika aplikasi itu adalah aplikasi pribadi. Bahkan anda bisa simpan dalam flashdisk dan bisa dijalankan di komputer mana saja. Dan database bisa menggunakan SQLite yang tanpa perlu proses instalasi.
  3. Tidak perlu akses API OS, semudah anda membuat website. Karena memang pada dasarnya masih merupakan aplikasi website.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan aplikasi desktop menggunakan PHP, diantaranya :

PHPDesktop

PHP Desktop adalah proyek open source oleh Czarek Tomczak pada tahun 2012 untuk menyediakan cara mengembangkan aplikasi GUI desktop asli menggunakan teknologi web seperti PHP, HTML5, JavaScript dan SQLite.

PHPBrowserBox

PHPBrowserBox adalah browser pada windows yang menjalankan php / mysql secara internal dan mengemas aplikasi web seperti aplikasi desktop windows. PHPBrowserBox support Apache, php, mysql, HTML, dan NODE.JS melalui webkit node interface.

ExeOutput

Aplikasi yang dibuat dengan ExeOutput menjalankan skrip PHP, aplikasi PHP, dan situs web PHP sebagaimana pada browser, dan tidak memerlukan web server, browser, atau distribusi PHP. Aplikasi berdiri sendiri dan berfungsi di komputer mana pun dengan versi Windows terbaru.

Karena setiap aplikasi yang dibuat dengan ExeOutput berjalan mandiri, maka tidak perlu khawatir tentang versi PHP yang tepat di komputer user. Tidak ada konflik port dan tidak ada masalah firewall.

ExeOutput adalah kompiler web yang bisa bekerja pada semua elemen situs modern seperti PHP, JavaScript, HTML, CSS, XML, file PDF, Flash, video Flash, basis data (MySQL, SQLite, dan sebagainya), AJAX dan aset. Menggabungkan elemen-elemen tersebut dengan PHP Runtime dan Extensions PHP, ExeOutput membuat file EXE yang berisi aplikasi lengkap. Framework PHP seperti CodeIgniter, Laravel, Fat-Free dan sebagainya juga didukung.

ZZEE PHPExe dan ZZEE PHP GUI

ZZEE PHPExe mengkompilasi PHP, HTML, Javascript, Flash dan file web lainnya ke dalam file exe Windows GUI. Anda dapat dengan cepat mengembangkan aplikasi Windows GUI dengan menggunakan paradigma web PHP yang sudah dikenal, dan dapat menggunakan kode yang sama untuk aplikasi online dan Windows dengan sedikit atau tanpa modifikasi.

ZZEE PHP GUI adalah solusi PHP yang aman dan mudah dipasang pada Windows dengan konfigurasi nol atau sedikit, hanya dalam hitungan detik bisa berfungsi dengan baik. Hal ini memungkinkan anda untuk menjalankan skrip PHP dalam mode web browser / web server (GUI). File atau tautan PHP tidak harus berada di direktori khusus, mereka dapat berada di folder apa saja, di desktop atau di Start Menu. ZZEE PHP GUI berisi server web bawaan, PHP, dan server web.

Wapache

Wapache adalah perangkat lunak yang memungkinkan Anda membuat aplikasi desktop menggunakan teknologi pengembangan web.
Wapache menggabungkan versi modifikasi dari server HTTP Apache 2 dengan browser web Internet Explorer. Permintaan ke “server web” ditangani secara internal, data tidak melewati lapisan jaringan, sehingga memiliki respon yang cepat dan operasi yang handal. Wapache juga memungkinkan untuk mengontrol berbagai pengaturan browser, seperti dimensi jendela dan ketersediaan Javascript, memberikan lingkungan runtime yang konsisten.

Node Webkit

Node-webkit adalah aplikasi runtime yang berdasarkan pada Chromium dan node.js. Anda dapat menulis aplikasi asli dalam HTML dan JavaScript dengan node-webkit. Dan juga memungkinkan untuk memanggil modul Node.js langsung dari DOM dan memungkinkan cara baru untuk menulis aplikasi dengan semua teknologi web.

PHP Webkit

Tujuan dari php-webkit adalah untuk dapat mengemas aplikasi PHP dalam proyek node-webkit tanpa perlu menginstal dan mengatur PHP pada sistem atau terhubung ke basis kode PHP. Server web ini akan memulai setiap proyek PHP yang ada di direktori aplikasi. Anda dapat memodifikasi file php-webkit serta package.json agar sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Namuh harus berhati-hati untuk tidak mengubah apa pun yang bisa merusak kemampuan php-webkit untuk berjalan dengan baik. Hasil akhirnya adalah aplikasi desktop PHP yang juga mampu mengeksekusi kode node.js.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Twitter